Info Lowongan Kerja Terbaru 2015 – 2016 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » BUMN » Info Gaji Pilot PT Garuda Indonesia Tbk Tahun 2011

Info Gaji Pilot PT Garuda Indonesia Tbk Tahun 2011

07.27.2011 · Posted in BUMN
Share

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


Bagi yang ingin menjadi pilot eh setelah menjadi pilot kira-kira gaji saya nanti berapa ya?.. mm ini ada info dai vivanews terkait rencana mogok pilot garuda.

Sebagian pilot PT Garuda Indonesia Tbk akan melakukan aksi mogok terbang pada Kamis, 28 Juli 2011. Aksi mogok itu dilatarbelakangi tuntutan adanya perbedaan gaji pilot lokal dengan asing.

Direktur Operasi Garuda Indonesia, Ari Sapari, menjelaskan, status pilot asing di Garuda hanya bersifat kontrak dengan perjanjian kerja selama 12 bulan. Selama masa kerja tersebut, pilot asing tersebut menerima pendapatan dalam mata uang dolar Amerika Serikat.

Garuda mulai merekrut penerbang asing sejak Oktober 2010, dan telah dilakukan sosialisasi sejak Januari 2011. Saat ini, Garuda mempekerjakan 43 pilot kontrak dan 34 di antaranya adalah pilot asing.

Dari 43 pilot kontrak, 36 pilot akan berakhir masa kontraknya pada pada Oktober-November 2011, dan sisanya 7 pilot akan berakhir pada Februari 2012.

Pilot asing hanya menerima gaji tanpa tunjangan lain seperti jaminan kesehatan maupun asuransi pekerja dari PT Jamsostek (Persero). Jaminan lain yang tidak diterima pilot asing adalah personal accident serta tunjangan pensiunan masa bakti.

Sementara itu, para pilot lokal selama setahun setidaknya mendapat gaji sebanyak 15 kali. Selain gaji selama 12 bulan, tambahan gaji para penerbang Garuda diperoleh dari tunjangan hari raya (THR), tunjangan setiap memasuki pendidikan baru, insentif akhir tahun, serta pesangon cuti tahunan dengan besaran setengah dari gaji.

Garuda memberikan alternatif kepada penerbang yang saat ini berstatus pegawai tetap dapat mengajukan menjadi pilot dengan status kontrak.

Berikut ilustrasi simulasi penggajian penerbang Garuda:

Penerbang Lokal -  Penerbang Asing

  • Gaji : Rp47,7 juta per bulan – asing : US$8.100 setara Rp68,8 juta/bulan
  • Flight Allowance : Rp10 juta (asumsi 60 jam terbang) -asing :  (Tidak dapat, karena termasuk di gaji, produksi 80 jam terbang)
  • Benefit Cash (TT, THR, Insentif/Bonus) : 3,5 x gaji/tahun atau Rp13,9 juta/bulan – asing : tidak ada
  • Total Penerimaan per bulan : Rp71 juta – asing : Rp68,8 juta
  • Total Penerimaan per tahun : Rp860 juta – asing : Rp826 juta
  • Benefit/Non Cash Benefit Allowance, Personal Accident, Assurance, Lost of Flying, Iuran Pensiun, Jamsostek, Kesehatan, Pensiun, Penghargaan Masa Kerja 20 tahun, Penghargaan Pensiun : Rp12,3 juta/bulan – asing : Rp2,25 juta/bulan
  • Housing Allowance : tidak ada – asing : US$1.200 atau setara Rp10 juta/bulan

Ref : (art)VIVAnews

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
Info Gaji Pilot PT Garuda Indonesia Tbk Tahun 2011 Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5
Share