Home » BUMN » Lowongan Kerja PT KAI (Persero) Lulusan SMA Januari 2015

Share
Sponsored Links

HOT NEWS !
Tes CPNS dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Siapkah Anda dengan Kisi Kisi Ujian CAT CPNS..?
Info lengkapnya :
Klik Disini >>

Lowongan Kerja PT Kereta Api Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (disingkat KAI atau PT KAI) adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret 2007, DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008 PT Kereta Api Indonesia melakukan pemisahan Divisi Jabodetabek menjadi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008 jumlah penumpang melebihi 197 juta.

Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli PT Kereta Api Indonesia dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.

Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, KAI meluncurkan logo baru. Pada 29 Oktober 2014 PT KAI ini dipimpin oleh Edi Sukmoro yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur pengelolaan aset nonproduksi Railways di PT KAI (Persero), menggantikan Direktur sebelumnya Ignasius Jonan

Pada hari Jumat, tanggal 17 Juni 1864, kereta api (KA) pertama di Indonesia lahir. Pembangunan diprakarsai oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) dengan rute Kemijen-Tanggung. Pencangkulan tanah pertama dilakukan di Desa Kemijen dan diresmikan oleh Mr. L.A.J.W. Baron Sloet van de Beele. Namun jalur ini dibuka tiga tahun berikutnya, 10 Agustus 1867. Hingga tahun 1873 tiga kota di Jawa Tengah, yaitu Semarang, Solo, dan Yogyakarta sudah berhasil dihubungkan.

Masa politik kolonial liberal rupanya mengakibatkan Pemerintah Belanda enggan mendirikan perusahaannya dan justru memberikan kesempatan luas bagi perusahaan-perusahaan (KA) swasta. Namun sayangnya, perusahaan swasta itu tidak memberikan keuntungan berarti (apalagi NIS masih membutuhkan bantuan keuangan dari Pemerintah Kolonial), maka Departemen Urusan Koloni mendirikan operator KA lain, Staatsspoorwegen, yang membentang dari Buitenzorg hingga Surabaya. Pertama dibangun di kedua ujungnya, jalur pertama di Surabaya dibuka pada tanggal 16 Mei 1878 dan terhubung pada tahun 1894.

Selain itu, muncul juga lima belas operator KA swasta di Jawa yang menamakan dirinya sebagai “perusahaan trem uap”, namun meskipun namanya demikian, perusahaan itu sudah dapat dianggap sebagai operator KA regional.

Sebagai perusahaan kolonial, sebagian besar jalur KA di Indonesia mempunyai dua tujuan: ekonomis dan strategis. Nyatanya, syarat bantuan keuangan NIS antara lain membangun rel KA ke Ambarawa, yang memiliki benteng bernama Willem I (yang diambil dari nama Raja Belanda). Jalur KA negara pertama dibangun melalui pegunungan selatan Jawa, selain daerah datar di wilayah utara Jawa, untuk alasan strategis sama. Jalur KA negara di Jawa menghubungkan Anyer (lintas barat) menuju Banyuwangi (lintas timur).

Selain di Jawa, pembangunan rel KA juga dilakukan di Aceh, menghubungkan Banda Aceh hingga Pelabuhan Uleelhee, dengan lebar sepur 1.067 mm, yang digunakan untuk keperluan militer. Kemudian, lebar sepur yang sebelumnya 1.067 mm kemudian diganti menjadi 750 mm membentang ke selatan. Jalur ini kemudian berpindah kepemilikan dari Departemen Urusan Perang kepada Departemen Urusan Koloni tanggal 1 Januari 1916 menyusul perdamaian relatif di Aceh.

Ada pula jalur kereta api di Ranah Minangkabau (dibangun pada tahun 1891-1894) dan Sumatera Selatan (dibangun tahun 1914-1932). Kedua jalur ini digunakan untuk melintas layanan KA batu bara dari pertambangan bawah tanah menuju pelabuhan.

Di Sumatera Utara, ada perusahaan KA bernama Deli Spoorweg Maatschappij yang banyak mengangkut karet dan tembakau di daerah Deli.

Pembangunan jalur kereta api juga dilangsungkan di Sulawesi Selatan pada bulan Juli 1922 hingga 1930; sebagai bagian dari proyek besar-besaran pembangunan jalur rel di Kalimantan dan Sulawesi, menggabungkan sistem rel KA di Sumatera, serta elektrifikasi jalur KA utama di Jawa. Namun Depresi Besar telah membatalkan upaya ini. Meskipun tidak sempat dibangun, studi pembangunan jalur KA di Kalimantan, Bali, dan Lombok telah selesai dilakukan.

Semasa pendudukan Jepang, seluruh jalur KA (bahkan yang terpisah sekali pun) dikelola sebagai satu kesatuan. Sementara itu, di Sumatera, juga dikelola oleh cabang-cabang Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jepang, secara terpisah.

Pendudukan Jepang akhirnya mengubah lebar sepur 1.435 mm di Jawa menjadi 1.067 mm, sebagai penyelesaian masalah lebar sepur ganda. Ini bukanlah “permasalahan nyata” karena tidak banyak perubahan materiil di kedua sistem itu, banyak rel 1.435 mm dipasangi rel ketiga pada tahun 1940, menghasilkan rel dengan lebar sepur campuran.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang.

Pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia sehingga Jepang sudah tidak berhak untuk mencampuri urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya tanggal 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).

Kecuali DKA, ada operator KA lain yaitu Kereta Api Soematra Oetara Negara Repoeblik Indonesia dan Kereta Api Negara Repoeblik Indonesia, yang semuanya beroperasi di Sumatera.

Nama DKA pun berubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA), semasa Orde Lama. Lalu, pada tanggal 15 September 1971 berubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA, Perjanka). Kemudian, pada tanggal 2 Januari 1991, PJKA berubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka), dan semenjak tanggal 1 Juni 1999, Perumka mulai menunjukkan keterbukaannya dan berubah menjadi PT Kereta Api (Persero) (PT KA). Pada bulan Mei 2010, nama PT KA berubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), hingga saat ini.

Lowongan Kerja Terbaru di PT Kereta Api Indonesia (Persero)

PT Kereta Api Indonesia mengundang kandidat yang berkualitas untuk bergabung dengan kami dalam posisi yang kami sediakan :

Masinis tingkat SLTA tahun 2015

A. Kriteria Pelamar:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Sehat jasmani /rohani dan tidak berkacamata serta tidak buta warna
  3. Berkelakuan baik
  4. Berijazah SMA IPA / SMK MESIN (Otomotif) dan rata rata nilai nem minimal 6,50
  5. Usia pelamar per 01 Desember 2014 serendah-rendahnya 18 tahun dan maksimal setinggi-tinginya 30 tahun
  6. Pria, dengan tinggi badan minimal 160 cm (berat badan ideal)
  7. Tidak pernah terlibat Narkoba atau Psikotropika
  8. Tidak bertato dan bertindik
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
  10. Lulus dalam mengikuti seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrut PT.Kereta Api Indonesia (Persero).

B. Persyaratan umum lamaran :

  • a. Fotocopy Ijazah SMA/SMK dilegalisir.
  • b. Fotocopy NEM yang telah dilegalisir.
  • c. Fotocopy KartuTanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  • d. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4X6.
  • e. Pemeriksaan kesehatan awal di Klinik Kereta Api (alamat klinik di akhir pengumuman ini) yang dilaksanakan mulai tanggal 6 s.d 10 Januari 2015 bersamaan dengan seleksi administrasi awal (bagi yang lulus seleksi administrasi awal berhak mengikuti seleksi tahapan awal)
  • f. Foto copy Akte Kelahiran/ Kenal Lahir
  • g. Asli Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian yang masih berlaku
  • h. Surat pernyataan bersedia dituntut oleh hukum yang berlaku serta dikeluarkan dari perusahaan, apabila data yang diberikan pada saat melamar tidak benar/palsu, bermaterai Rp. 6.000,00 (ditulis tangan sendiri).
  • i. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah perusahaan bermaterai Rp. 6.000,00(ditulis tangan sendiri)
  • j. Curiculum Vitae, mencantumkan pengalaman bekerja sampai dengan saat ini
  • k. Ijazah tertinggi yang dimiliki bila ada
  • l. Sertifikat keahlian lainnya bila ada
  • m. Surat keterangan bebas narkoba dari kepolisian

Keterangan

  • Persyaratan a, b, c, dan d dibawa pada saat Seleksi Administrasi dan Kesehatan Tahap 1.
  • Persyaratan f, g, h, i, j, k, l dan m diberikan pada saat penandatanganan kontrak magang.

C. Prosedur melamar :

1. Pelamar datang langsung ke Klinik KAI sebagaimana yang ditentukan dengan membawa persyaratan : fotocopy ijazah SMA/SMK dan Nem yang telah dilegalisir, Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku, Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar.

2. Pelamar yang memenuhi kriteria dan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti langsung seleksi kesehatan tahap 1, pelaksanaan seleksi administrasi dan kesehatan awal dilaksanakan secara bersamaan di Klinik KAI DAOP/DIVRE/SUBDIVRE pada tanggal 6-10 Januari 2015.

TEMPAT SELEKSI ADMINISTRASI DAN KESEHATAN TAHAP 1

UNIT KESEHATAN AREA NAMA KLINIK ALAMAT KLINIK
 AREA 1 Jakarta  Klinik Manggarai  Jl. Bukit Duri Utara No. 1, Manggarai, Jaksel
 AREA 2 Bandung  Klinik Kebon Kawung  Jl. Kebon Kawung No. 43 Bdg
 AREA 3 Cirebon  Klinik Cirebon  Jl. Inspeksi No. 6, Cirebon
 AREA 4 Semarang  Klinik Induk Tamrin  Jl. M. H. Thamrin No. 3, Semarang
 AREA 5 Purwokerto  Klinik Induk  Purwokerto  Jl. Jend. Sudirman, Gg. Permata No. 1 Pwt
 AREA 6 Yogyakarta  Klinik Yogyakarta  Jl. Wongsodirjan No. 6, Yogyakarta
 AREA 7 Madiun  Klinik Madiun  Jl. Yos Sudarso No. 71, Madiun
 AREA 8 Surabaya  Klinik Surabaya  Gubeng  Jl. Indra kila No. 2A, Surabaya
 AREA 9 Jember  Klinik Induk Jember  Jl. Wijayakusuma No. , Jember
 AREA 10 Medan  RS. MANDIRI MEDAN  Jl. Cendana No. 2 Medan
 AREA 11 Padang  Klinik Padang  Jl. Stasiun No. 1 Padang
 AREA 12 Kertapati  Klinik Induk Kertapati  Jl. Ki Merogan No. 1, Kertapati
 AREA 13 Tanjungkarang  Klinik Tanjung Karang  Jl. Kotaraja No. 1, Tanjungkarang

3. Pelaksanaan Seleksi Tahapan selanjutnya (Seleksi Wawancara, Tes Psikologi dan Tes Kesehatan Akhir) akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari 2015 sesuai dengan Pembagian Area Rekrut di bawah ini.

PEMBAGIAN AREA REKRUT

AREA REKRUT WILAYAH KERJA
 AREA REKRUT 1(BPTP SOFYAN HADI BEKASI)  DAOP 1 JAKARTA
 DAOP 2 BANDUNG
 DAOP 3 CIREBON
 DIVRE 1 SUMATERA UTARA
 DIVRE 2 SUMATERA BARAT
 DIVRE 3 SUMATERA SELATAN
 SUBDIVRE 3.1 KERTAPATI
 SUBDIVRE 3.2 TANJUNGKARANG
 AREA REKRUT 2(BPPT DARMAN PRASETYO YOGYAKARTA)  DAOP 4 SEMARANG
 DAOP 5 PURWOKERTO
 DAOP 6 YOGYAKARTA
 AREA REKRUT 3(GEDUNG SERBA GUNA DAOP 8 SURABAYA)  DAOP 7 MADIUN
 DAOP 8 SURABAYA
 DAOP 9 JEMBER

D. Ketentuan lainnya :

  1. Pelamar yang dipanggil untuk mengikuti seleksi, hanya pelamar yang dinyatakan lulus dalam setiap tahapan seleksi.
  2. Setiap pelaksanaan seleksi, peserta wajib membawa kartu peserta.
  3. Dalam proses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dan dihimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan
  4. Dalam proses seleksi ini berlaku sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat
  5. Peserta seleksi yang tidak hadir pada waktu yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri

E. Tahapan Seleksi

  1. Tahap I : Administrasi dan Kesehatan Awal
  2. TahapII : Wawancara dan Tes Psikologi
  3. TahapIII : Kesehatan Akhir

F. Pengumuman Kelulusan

  1. 1. Seleksi Administrasi dan Kesehatan Tahap 1setelah pelaksanaan tes dan diumumkan di papan pengumuman tempat pelaksanaan tes.
  2. 2. Seleksi Wawancara dan Tes Psikologi setelah pelaksanaan tes dan diumumkan di papan pengumuman tempat pelaksanaan tes.
  3. 3. Pengumuman kesehatan akhir direncanakan tanggal 16 Januari 2015 di website : rekrut.kereta-api.co.id
  4. Sumber
Share
Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !

Sponsored Links

Archives