Info Lowongan Kerja Terbaru 2014 – 2015 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » CPNS » Berita Heboh Tentang Mafia CPNS Kediri Kota Jatim

Berita Heboh Tentang Mafia CPNS Kediri Kota Jatim

11.13.2010 · Posted in CPNS
Share

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


LSM Komunitas Peduli Kediri (KPK) mengaku mengungkap mafia CPNS Kota Kediri 2009. Jaringan itu dibongkar berdasarkan hasil penelusuran pesan singkat ponsel (SMS).

Dari hasil penelusuran tersebut terungkap, jaringan mafia CPNS Kota Kediri 2009 melibatkan berbagai kalangan, mulai dari jajaran ketua dewan, pejabat pemerintahan dan petinggi kepolisian di Kota Kediri.

Selain itu, jaringan mafia CPNS juga melibatkan pihak rekanan dari perguruan tinggi Lembaga Afiliasi dan Penelitian Industri (Lapi) ITB, pejabat di Kejaksaan Tinggi Jatim, dan oknum ketua partai. Namun, yang bertindak sebagai otak kasus itu diduga melibatkan para petinggi Pemkot Kediri serta salah satu Wakil Ketua DPRD Kota Kediri, NH.

“Kasus mafia CPNS Kota Kediri ini dapat dijadikan pintu masuk untuk membongkar jaringan mafia CPNS di seluruh Indonesia,” ungkap Tjetjep M Yasien, Koordinator Komunitas Peduli Kediri kepada wartawan di kantornya, Jumat (12/11).

Dijelaskan Tjetjep, dari hasil penelusuran itu, pihaknya juga menemukan indikasi operasi lintas daerah yang melibatkan jaringan mafia CPNS. “Ada kerja sama jaringan mafia CPNS di Kota Kediri dengan Kabupaten Tulungagung dan Trenggalek, demikian pula sebaliknya. Caranya, peserta dari Kediri dititipkan ke Tulungagung dan Trenggalek. Total omzetnya mencapai miliaran rupiah,” paparnya.

Sedangkan keterlibatan aparat kepolisian dalam kasus itu, menurut Tjetjep, dalam hal tidak segera menuntaskan penyidikan kasus CPNS yang telah dilaporkan sejak akhir Desember 2009. “Masak menyelidiki satu kasus sudah hampir setahun belum selesai juga. Kami angkat topi pada Polrestabes Surabaya karena dalam seminggu penyelidikan sudah berhasil menangkap belasan tersangka,” tandasnya.

Dari hasil penelusuran Tjetjep, terungkap lambannya penyelidikan kasus CPNS itu diduga karena mantan petinggi kepolisian di Kota Kediri telah mendapatkan hadiah Kijang Innova. “Ada indikasi kasus CPNS tersebut sengaja tidak ditemukan pelaku dan otaknya. Harapannya kasusnya tidak dilanjutkan, kemudian dipetieskan,” ungkapnya.

Tjetjep kemudian membeberkan bukti salah satu SMS dari anggota jaringan yang terlibat terkait suap Kijang Innova untuk petinggi kepolisian. SMS tersebut dikirim 23 Desember 2009 pukul 08.56 WIB. “Kijang Inova warna silver sudah disiapkan oleh AG 1,”.

Setelah nomor telepon asal SMS tersebut dicocokkan dengan nomor ponsel anggota jaringan yang terlibat ternyata sama. Dengan bukti itu, Tjetjep yakin hasil temuannya terkait mafia CPNS tersebut mendekati kebenaran. “Kami meyakini data kami 99 persen valid,” tegasnya.

Apalagi dari SMS yang berhasil dilacaknya, juga terungkap daftar nama-nama CPNS yang dititipkan berikut nomor dan tempat tesnya. Dari nama-nama peserta itu terungkap pesan titipan dari petinggi Kejaksaan Tinggi di Jatim. “Kami berhasil menghimpun sekitar 50 nama,” paparnya.

Tak hanya itu, dari sekian banyak SMS, terlacak juga nomor rekening bank untuk tempat setoran anggota jaringan mafia. Malahan dari salah satu SMS diketahui juga besar setorannya yang mencapai ratusan juta rupiah.

“Dari data-data yang kami miliki, petugas penyidik nanti hanya tinggal melacak pemilik nomor telepon dan pemilik rekening saja,” tambahnya.

Sesuai rencana skandal CPNS itu, minggu depan kasus bakal dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan soal keterlibatan petinggi Kejati Jatim bakal dilaporkan kepada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung, Marwan Effendi dan keterlibatan petinggi kepolisian bakal dilaporkan kepada Irwasum Polri.

“Kami minta kasus CPNS ini serius ditindaklanjuti dan penyidikannya harus langsung di bawah Komisi Pemberantasan Korupsi. Kalau ditindaklanjuti kepolisian harus di bawah komando Kapolda Jatim,” tandasnya.

Tjetjep mengaku sudah menyatakan mosi tidak percaya kepada Polresta Kediri karena hampir setahun tak mampu menuntaskan kasusnya. “Kami siap menghadirkan saksi beserta barang bukti kuitansi dan bukti transfer bank, asalkan saksi kunci kami dilindungi. Selain itu, arah penyelidikan harus jelas dan transparan,” katanya.

Sementara NH yang dituding sebagai mekelar sekaligus otak dari jaringan mafia CPNS Kota Kediri belum berhasil dikonfirmasi. Dihubungi berkali-kali ponselnya dikontak, meski ada nada sambung, namun tidak diangkat. Demikian pula saat dikirim SMS untuk konfirmasi tidak dijawab.

Kasus Jalan Terus

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Kediri Kota AKBP MH Ritonga kepada Surya menegaskan, pihaknya tidak ada niat untuk memetieskan kasus rekrutmen CPNS Kota Kediri tahun 2009. Saat ini penyidik masih terus mencari alat bukti untuk memperkuat pembuktian kasusnya.

“Kami tidak pernah memetieskan kasus CPNS. Sampai sekarang tidak ada SP3. Kasusnya sampai kini masih jalan terus, sekarang kami masih menunggu penjelasan dan keterangan saksi ahli dari perguruan tinggi,” ungkap Ritonga.

Pihak penyidik telah menjadwalkan meminta keterangan dan penjelasan satu saksi ahli dari perguruan tinggi di Surabaya dan dua saksi ahli dari Malang. “Kami tinggal menunggu keterangan dan penjelasan saksi ahli. Mengundang para pakar hukum untuk bersaksi kan tidak mudah,” tambahnya.

Terkait tudingan temuan petinggi kepolisian yang menerima suap mobil Kijang Innova dari mafia CPNS juga dibantahnya. “Saya petinggi kepolisian di Kota Kediri tidak pernah mendapatkan Kijang Innova,” tandas Ritonga.

Sementara Wakil Wali Kota Kediri Abdullah Abubakar saat dikonfirmasi Surya terkait kelanjutan kasus rekrutmen CPNS tahun 2009 saat ini masih dalam persidangan di PTUN. “Info terakhir yang kami terima persidangannya sekarang mulai memasuki babak terpenting,” ungkapnya.

Abdullah Abubakar juga kembali menegaskan komitmennya untuk menolak rekrutmen CPNS tahun 2010 karena permasalahan CPNS tahun 2009 masih belum selesai. “Kalau tahun ini mau rekrutmen CPNS lagi, nanti malah menambah panjang daftar masalah. Kasihan Pak Wali,” paparnya.dim ref : surya

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
Berita Heboh Tentang Mafia CPNS Kediri Kota Jatim Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5
Share