Info Lowongan Kerja Terbaru 2014 – 2015 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » CPNS » CPNS Mengeluhkan Surat Akreditasi

CPNS Mengeluhkan Surat Akreditasi

09.25.2013 · Posted in CPNS
Share

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


Menjadi CPNS memang masih menjadi profesi yang diidamkan di Indonesia. Pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini di Sumbar, benar-benar membeludak. Di Solok Selatan (Sol­sel), hingga Minggu (22/9), total pelamar yang telah me­lakukan re­gi­s­tra­si online sudah men­capai 19.000 orang.

Panitia seleksi CPNS Solsel me­wanti-wanti para pelamar agar berhati-hati saat mengisi data registrasi. Sebab, informasi yang dicantumkan saat re­gis­trasi, akan dicocokkan dengan ber­kas lamaran. Bila tidak sesuai, berkas la­maran dinilai tidak memenuhi syarat (TMS).

“Di antara TMS itu, misalnya IPK yang dicantumkan saat registrasi berbeda dengan IPK di berkas transkrip nilai pelamar,” tutur Panitia Seleksi CPNS Solsel, Admi Zulkhairi.

Admi menambahkan, hingga kemarin, telah ada ribuan pelamar yang telah mengirimkan berkas lamaran. Dari hasil verifikasi, ditemui sejumlah berkas yang TMS. Terhadap berkas pelamar yang TMS, panitia belum melakukan entri data.

Ada dua kemungkinan penyebab kesalahan tersebut. Bisa jadi pelamar memang salah memasukkan data dan bisa jadi pemalsuan data. “Kalau pelamar salah mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), mungkin bisa dimaklumi. Tapi kalau umur, IPK, ya TMS jadinya. Begitu pula akreditasi jurusan pelamar, baik kampus negeri maupun swasta diharuskan melampirkan bukti akreditasi di berkas yang dikirimkan,” imbuhnya.

Meski pendaftar sudah mencapai 19.000 orang, namun kuota setiap formasi belum penuh. Kuota masing-masing formasi 100 orang. Artinya, satu formasi, kuota dasarnya 100. Bila total yang tersedia 100 formasi, maka total kuota 10.000 orang. Angka ini mengacu pada jumlah berkas yang diverifikasi panitia, bukan pada jumlah pelamar yang telah registrasi online.

Jika dalam satu formasi kuotanya tidak terpenuhi, maka sisa jatah kuota formasi tersebut akan dialihkan ke formasi lain. Misalnya, formasi untuk teknik sipil hanya diisi dua pelamar. Sedangkan kuota dasar formasi teknik sipil adalah 100 orang, maka kelebihan jatah kuota formasi tersebut dialihkan ke formasi lain.

Kabid Mutasi dan Perlengkapan BKD Solsel, Ampraisal mengatakan, hingga Minggu (22/9), total berkas yang masuk ke panitia berjumlah 3.228 pelamar. Rinciannya tenaga guru 1.442 pelamar, tenaga kesehatan 530 pelamar, dan teknis 1.266 pelamar.

Sulit Dapatkan Surat Akreditasi

Sementara itu, pelamar mengeluhkan sulitnya mengakses situs pendaftaran CPNS Solsel dan persyaratan surat keterangan akreditasi perguruan tinggi. “Saya sudah tiga hari mendaftar, hingga kini belum juga bisa. Stres jadinya,” ujar Sisri, seorang pelamar kepada wartawan, Minggu (22/9) di Padangaro.

Sedangkan Yandri, pelamar lainnya mengaku sudah datang ke kampus untuk minta surat keterangan akreditasi jurusan, tapi tidak berhasil. “Pihak kampus tidak menyediakan blanko akreditasi. Bagaimana saya mau mendaftar jika syaratnya kurang lengkap,” terang tamatan Universitas Indonesia ini.

Hal senada dikatakan Supriyanda Nusa, pelamar lainnya. “Bila datang ke kampus, butuh waktu enam hari pulang pergi. Dan belum tentu juga, surat tersebut akan selesai cepat. Syarat ini, terlalu berlebihan,” sesal tamatan STKIP Pelita Bangsa, Sumatera Utara itu. “KemenPAN perlu mengkaji ulang syarat surat keterangan akreditasi ini,” harap Srimardona, tamatan Universitas Jambi ini. Sumber: Padang ekspress

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
CPNS Mengeluhkan Surat Akreditasi Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5

Keywords: ,
Share