Info Lowongan Kerja Terbaru 2014 – 2015 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » CPNS » Informasi CPNS Bengkulu Prov 2010 – 2011

Informasi CPNS Bengkulu Prov 2010 – 2011

11.16.2010 · Posted in CPNS
Share/Bookmark

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


Menurut Kepala BKD Kota Bengkulu Drs. Jarto Tarigan, M.Si, jadwal tes CPNS diperkirakan digelar 27 November 2010. Kalaupun molor, tes CPNS kemungkinan digelar 4 Desember. Dua tanggal tersebut sama-sama jatuh hari Sabtu.

Pelaksanaan tes biasanya hari Sabtu, kemungkinan paling lambat tanggal 27 November atau paling lambat 4 Desember tes dilaksanakan, karena untuk pendaftaran kita biasanya membutuhkan waktu satu minggu, imbuh Jarto.

Lalu di mana lokasi tes? Menurut Jarto, pihaknya telah menyiapkan ruangan kelas di sejumlah sekolah di kawasan Sawah Lebar yakni yaitu SMA Negeri 2, SMA Negeri 5, SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMKN 2, dan SMKN 3. Jika peserta melebihi perkiraan, panitia sudah menyiapkan SD Negeri 19.

Sementara itu, meskipun formasi CPNS Pemda Kota sudah keluar namun hingga kemarin BKD Kota Bengkulu mengaku belum menerima rincian formasi yang diakomodir Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB). Diakui BKD Kota, Drs Jarto Tarigan, M.Si formasi baru akan diserahkan dan dibuka pada saat rapat koordinasi antar BKD se Provinsi Bengkulu, Senin (15/11) mendatang. Formasinya ditangan BKD Prov, nanti saat rapat akan dibahas tahapan pelaksanaan CPNS, serta penyerahan formasi. Berikutnya akan kita umumkan dimedia, terang Jarto Tarigan yang memastikan pengumuman CPNS hanya di media RB.

Diketahui, untuk pelaksanaan CPNS tersebut, Pemda Kota semula mengalokasikan dana Rp 1,25 miliar. Namun untuk CPNS hanya akan digunakan

Rp 900 juta. Dimana sebanyak Rp 100 juta sudah teralokasi dalam APBD 2010 lalu, dan dalam APBD Perubahan yang rencananya ketuk palu, Senin (15/11) dialokasikan Rp 800 juta. Dengan rincian pengeluaran meliputi belanja pegawai Rp 577.568.000, dan belanja barang dan jasa menghabiskan Rp 322.432.000. Dengan rincian meliputi

Belanja pegawai meliputi honorarium PNS Rp 122.646.000, honorarium non PNS meliputi tenaga ahli, instrusktur dan honor pegawai tidak tetap Rp 356.080.000, uang lembur Rp 98.842.000. Sedangkan alokasi Belanja Barang dan Jasa meliputi belanja bahan pakai habis Rp 29.502.050, belanja cetak dan pengadaan Rp 1,9 juta, belanja makan dan minum Rp 52,4 juta, belanja perjalanan dinas Rp 218.309.950.

Sedangkan sisanya Rp 75 juta untuk penyusunan NIP CPNSD formasi umum tahun 2010, dan Rp 150 juta untuk pendataan honorer kategori I dan II makanya kita usulkan sampai Rp 1,25 miliar karena tidak hanya untuk cpns saja, ujar Jarto.

Melansir berita sebelumnya secara keseluruhan kuota yang diperoleh Pemda Kota berjumlah 236 orang, dengan rincian tenaga teknis 97 orang, kesehatan 56 orang dan guru 83 orang. Dalam kuota tersebut diharapkan dapat mengakomodir tenaga kesehatan, seperti UPTD Laboratorium dan Farmasi juga masih kosong staf, termasuk saat ini kita masih membutuhkan Dokter Umum 5 orang, Dokter Gigi 5 orang, Analis Kesehatan 5 orang, Sanitarian 5 orang, Apoteker 2 orang, sarjana Akutansi 15 orang, Komputer 19 orang. Tenaga pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK, meliputi guru mulok, penjaskes sebanyak 11 orang, Bahasa Inggris. Dan PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana) Kecamatan dan Kelurahan, tenaga Non Guru, tenaga PNS Satker, tenaga akutansi dan PNS untuk Kecamatan dan Kelurahan, termasuk formasi SMK untuk jurusan teknik.

UI Calon Tunggal

Pelaksanaan tes CPNS Pemda se Provinsi Bengkulu tahun ini dipastikan menggunakan Universitas Indonesia (UI) sebagai mitra. Setelah Pemda Kota yang menegaskan akan mengusulkan UI dalam penyelenggaraan tes CPNS mendatang. Kini Giliran Pemda Provinsi yang memberikan sinyal kuat akan menggandeng UI.

Informasi yang diperoleh RB, saat ini telah ada 2 perguruan tinggi negeri (PTN) yang telah mengajukan penawaran kerjasama dalam penyelenggaraan tes CPNS Provinsi Bengkulu. Selain UI, PTN lain yang telah mengajukan permohonan kerja sama yakni Universitas Gajah Mada (UGM).

Mesti rakor bakal digelar Senin mendatang (11/12) hampir dipastikan UGM akan tersingkirkan oleh UI. Karena dengan status Gunung Merapi di Yogyakarta, UGM masih diliburkan tidak mungkin pembuatan dan pemeriksaan Lembar Jawaban Kamputer (LJK) dilakukan oleh UGM.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Nana Sudjana, S.Sos mengaku sangat senang karena telah ada PTN yang telah mengajukan penwaran untuk menjadi mitra penyelenggara tes CPNS. Mesti UGM tidak memungkinkan lagi menjadi mitra penyelenggaraan tes CPNS mendatang, namun dirinya belum mau memastikan apakah UI yang menjadi satu-satunya pilihan. Kata Nana keputusan PTN mana yang akan digandeng akan dibahas dalam rakorda Senin lusa (15/11).

“Nantilah belum bisa dipastikan universitas mana yang digunakan. Kita tunggu saja nanti pada saat rakorda. Rakorda nanti akan dihadiri oleh Sekda dan BKD se Provinsi Bengkulu, ” ujar Nana.

Selanjutnya Nana mengatakan hampir tidak dimungkinkan lagi apabila penyelenggaraan tes CPNS akan menggandeng Uversitas Bengkulu (Unib). Karena hingga kemarin Unib belum kunjung melakukan penawaran ke Pemda Provinsi. “Penyelenggaraan tes CPNS hanya akan menggandeng universitas yang telah mengajukan penawaran, sedangkan Unib sendiri belum mengajukan penawaran,” ungkap Nana.

Ditambahkannya untuk menggandeng PTN mana yang akan digunakan BKD Provinsi telah menyiapkan anggaran Rp 275 juta. “Kalau dihitung apabila penyelenggaraan tes CPNS diikuti oleh 7000 orang maka biayanya hanya Rp 30 ribu untuk penyelenggaraan tes CPNS. Khawatir akan membludak, biaya penyelenggaraan tes CPNS bukan dihitung perorangan melainkan per paket,” ujar Nana.

Dibagian lain, tempat penyelenggaraan CPNS tahun ini akan sedikit berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu. Apabila tahun lalu penyelenggaraan tes CPNS digelar di Gedung Balai Buntar Bengkulu, untuk tahun ini penyelenggaraan tes CPNS hanya akan dilangsungkan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU). Untuk menampung peserta CPNS diperkirakan menembus angka 7000 peserta ini maka Pemda Provinsi telah menyiapkan 18 gedung sekolah. Beberapa diantaranya MAN Model, SMPN 4, SMAN 6, SMAN 7, SMP 5, dan MAN 2.

Ada Permainan CPNS, Ancam NIP Tak Keluar

Dari Jakarta dilaporkan, untuk kesekian kalinya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) E. E Mangindaan mewanti-wanti jangan sampai ada permainan dalam proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Jika ditemukan ada permainan, maka meski dinyatakan lolos seleksi, pemerintah pusat, dalam hal ini Badan Kepegawaian Nasional (BKN), tidak akan mengeluarkan Nomor Induk Pegawai (NIP) untuk CPNS tersebut.

Pernyataan Mangindaan ini bukan gertak sambal. Untuk tahun 2009, terdapat CPNS bermasalah di 12 daerah. “Tahun lalu kita menemukan 12 daerah yang bermasalah, kita tidak mengangkat CPNS yang bermasalah di 12 daerah itu. NIP-nya tidak kita keluarkan, kata Mangindaan dalam jumpa pers di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta, kemarin (12/11). Keterangan pers sengaja disampaikan terkait dengan telah selesainya penetapan formasi CPNS yang segera disusul dengan pendaftaran peserta seleksi.

Mangindaan menegaskan, jika ditemukan permainan bukan saja NIP-nya tak keluar, namun kasusnya juga akan diserahkan ke aparat hukum untuk diproses. Menteri dari Partai Demokrat itu mengingatkan, sebenarnya daerah akan rugi jika melakukan kecurangan dalam proses penerimaan CPNS. Pasalnya, untuk mendapatkan persetujuan usulan formasi saja sudah cukup sulit. Jika ada kecurangan, maka di kemudian hari secara otomatis jumlah formasi yang sudah diusulkan itu ada yang tercoret.

“Padahal daerah sudah berjuang untuk meminta misalnya 300 pegawai. Tapi karena bermasalah, kita pernah hanya mengangkat 100 dari 300 CPNS itu. Kan jumlahnya berkurang,” ujarnya. Dia mengimbau masyarakat untuk tidak segan-segan melaporkan kepada kepolisian jika menemukan kecurangan proses seleksi CPNS.

“Kalau memang kecurangan itu dengan cara membayar, berartikan itu suap. Biarlah kepolisian yang memprosesnya. Tugas kita hanya tidak mengangkat CPNS yang terbukti bermasalah,” cetusnya.

Dalam kesempatan yang sama, mantan gubernur Sulut itu membeberkan, formasi PNS tahun 2010 ini untuk pusat 96 ribu, daerah 215 ribu. Hingga kemarin, dari sejumlah instansi pusat dan daerah yang sudah membuka pendaftaran, jumlah pelamar di pusat 46 ribu, di daerah 127.489. Sedang jumlah tenaga honorer diprediksi layak diangkat menjadi CPNS, jumlahnya 48.996 untuk pusat dan 88.159 untuk daerah. Dia juga mengingatkan, jangan sampai daerah membuat data-data fiktif mengenai tenaga honorer ini. Jangan sampai honorer yang memang berhak untuk diangkat malah tidak diangkat karena ada nama-nama yang tak jadi honorer tapi masuk, jadi honorer fiktif, cetusnya.

Mangindaan juga membeberkan sejumlah persoalan yang terkait dengan kepegawain. Dikatakan, masalah utama antara lain SDM aparatur negara, jumlah PNS yang saat hingga Mei 2010 terdata berjumlah 4.732.472 orang.

Masalah lain adalah distribusi PNS menurut teritorial yang tidak seimbang antarsatu daerah dengan daerah lain, serta masih rendahnya tingkat produktifitas PNS. Sistem penggajian pegawai negeri yang belum disarkan pada bobot pekerjaan/jabatan yang diperoleh dari evaluasi jabatan, juga masih menjadi PR bagi Mangindaan. Ref : adn/ble/sam/jpnn

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
Informasi CPNS Bengkulu Prov 2010 – 2011 Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5