Home » CPNS » Pengumuan Hasil Seleksi CPNS Honorer K2 Selesai Sebelum 18 Februari

Share
Sponsored Links

HOT NEWS !
Tes CPNS dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Siapkah Anda dengan Kisi Kisi Ujian CAT CPNS..?
Info lengkapnya :
Klik Disini >>

Hasil CPNS Honorer - Ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari jalur honorer kategori dua (K2) di Pidie dan Aceh Jaya, Senin (10/2/2014) kemarin kembali mempertanyakan kapan hasil seleksi mereka diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Saat dikonfirmasi tadi malam, Menpan RB Azwar Abubakar mengatakan, paling lambat sebelum tanggal 18 Februari 2014 hasil seleksi itu sudah diumumkan.

Malah, menurut Azwar, hasil seleksi honorer K2 untuk wilayah DKI, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah dimumkan kemarin siang.

“Malam ini secara bertahap diumumkan pula hasil seleksi untuk wilayah Jawa Timur,” kata Azwar tadi malam yang saat dihubungi via telepon mengaku sedang dalam mobil pulang dari kantor menteri ke rumah dinasnya.

Ditanya, mengapa pengumuman tersebut tidak serentak, Azwar menyatakan karena proses afirmasinya tak bisa digabung untuk setiap provinsi.

“Penilaian secara komputer sudah selesai. Total nilai sudah didapat. Nah sekarang tahap afirmasi. Maka, begitu hasil akhirnya selesai diprint panitia dan diteken oleh Kepala BKN, Pak Eko Sutrisno selaku ketua seleksi nasional, langsung diumumkan,” kata Azwar.

Ia menegaskan bahwa yang berwenang mengumumkan hasil seleksi itu adalah Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sedangkan kedudukan Menpan Azwar Abubakar bersama Sekretaris Menteri hanyalah sebagai Ketua dan Sekretaris Dewan Pengarah Panselnas CPNS Jalur Honorer.

“Jadi, perlu diperjelas, bukan saya selaku menteri yang menandatangani pengumuman hasil seleksi itu,” ujar Azwar.

Ia juga menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diafirmasi meski hasil pemeriksaan komputer sudah tuntas. Di antara yang harus diafirmasi itu adalah tenaga honorer yang masa kerjanya lebih lama, maka lebih diprioritaskan untuk lulus.

Kedua, faktor umur. Honorer yang umurnya saat ini sudah menjelang batas akhir usia maksimal penerimaan sebagai CPNS, itu lebih diutamakan.

Ketiga, dikonfirmasikan dulu apakah jumlah PNS di satu provinsi sudah berlebih atau justru kurang, sehingga dimungkinkan menambahnya dengan CNPS dari jalur hononer K2.

Selain itu, kata Azwar, diafirmasikan juga proporsi belanja pegawai di sejumlah provinsi dan kabupaten/kota, sebagai dasar gambaran berapa banyak lagi CPNS dari jalur honorer K2 yang bisa ditambahkan.

“Soalnya, ada kabupaten/kota yang cuma mengajukan 200 sampai 300 honorer K2, tapi ada juga yang 3.000 sampai 5.000. Nah, ini termasuk yang kita klarifikasi, sebelum hasil seleksi akhirnya diumumkan,” ujar Azwar.

Jadi, kata Azwar, bukan sekadar nilai hasil ujian tenaga honorer itu yang menjadi satu-satunya faktor penentu ia diumumkan lulus tahun ini atau tidak.

“Banyak variabel yang perlu kita afirmasi, sehingga pengumuman hasilnya tidak bisa dilakukan serempak untuk setiap provinsi,” ujar mantan pelaksana tugas gubernur Aceh itu.

Tapi untuk wilayah Sumatera, termasuk Aceh, kata Azwar Abubakar tadi malam, hasil seleksinya akan diumumkan paling lambat sebelum 18 Februari 2014.

Azwar berharap, setidaknya 30 persen dari jumlah tenaga honorer K2 yang diajukan masing-masing kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia tahun lalu bisa diterima tahun ini.

Share
Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !

Archives