Info Lowongan Kerja Terbaru 2015 – 2016 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » CPNS » Tata Cara Melamar CPNS

Tata Cara Melamar CPNS

08.27.2013 · Posted in CPNS
Share

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


Cara Mendaftar CPNS – Mendaftar CPNS bagi yang berlum pernah sama sekali memang masih membingungkan. Sebelum anda melakukan pendaftaran CPNS, ada beberapa tahapan proses seleksi yang harus anda ketahui serta anda kenali, diantaranya adalah proses pendaftaran serta persyaratan. Berikut ini tahapan proses seleksi CPNS yang perlu anda ketahui. Silakan disimak baik – baik :

1. Pendaftaran

  • Ketika kita hendak mendaftar sebagai CPNS kita tidak perlu jauh-jauh mengantarkan berkas-berkas lamaran ke kantor instansi yang akan kita tuju, namun kita bisa melakukannya via online. Dikarenakan biasanya setiap instansi pasti memiliki website yang telah disediakan untuk proses pendaftaran CPNS. Ketika proses pendaftaran berlangsung, anda harus memastikan bahwa anda sudah memiliki e-mail. Namun jika anda kurang paham melakukan lamaran via online, anda juga bisa mengirimkan berkas-berkas lamaran anda kepada panitia pusat yang menyelenggarakan penerimaan CPNS.
  • Yang harus Anda perhatikan adalah, saat pendaftaran online ini akan banyak sekali pelamar yang mengakses situs pendaftaran. Bahkan sampai puluhan ribu, maka jangan heran jika Anda mendapatkan situs pendaftaran berjalan lambat (lelet). Tipsnya adalah, lakukan pendaftaran saat jam – jam sepi, misalkan malam menjelang pagi. Selain e-mail, Anda kadang juga diminta mengupload file – file hasil scan Foto, Copy ID, Ijazah, Transkrip dan lain lain sesuai yang diminta.

2. Persyaratan

  • Ketika anda tengah melakukan pendaftaran CPNS, seharusnya anda tidak melupakan persyaratan yang nantinya akan anda perlukan. Dan untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan anda bisa langsung membuka situs resmi kementrian yang akan anda tuju. Dan untuk prsyaratan kemungkinan besar tidak akan mungkin sedikit, namun pasti memerlukan berkas-berkas yang cukup banyak. Dimulai dari hal kecil seperti foto kopi ijazah terakhir, KTP, SKCK, transkrip nilai, sampai-sampai fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Kemnakertrans) yang masih berlaku. Persyaratan tersebut masih dibilang persyaratan yang biasa digunakan, karena untuk pendaftaran CPNS masih banyak persyaratan yang harus terpenuhi selain persyaratan yang telah disebutkan berikut.

3. Pendaftaran Ulang

  • Langkah selanjutnya yang perlu anda tempuh lakikan yaitu sering-seringlah meng-update situs penerimaan CPNS tersebut. Hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui apakah anda lolos dalam tahapan seleksi pertama atau tidak. Dikarenakan pihak panittia akan mengumumkan secara online pengumuman kelulusan tersebut.
  • Jika anda dinyatakan lolos,maka pihak dari panitia akan meminta anda untuk melakukan proses pendaftaran ulang. Proses yang akan dilakukan dalam pendaftaran ulang yaitu anda akan diminta untuk mengirimkan berbagai macam berkas-berkas administrasi. Khususnya untuk ijazah, anda akan diminta untuk melengkapi ijazah anda dimulai anda sekolah sampai ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisir, anda harus melengkapinya selengkap mungkin.

4. Uji Kompetensi

  • Setelah itu, ketika anda dinyatakan kembali lolos dari proses pendaftaran ulang, maka anda akan mendapatkan nomor serta kartu ujian yang nantinya bisa anda gunakan untuk pelaksanaan seleksi tes ujian CPNS. Untuk pelaksanaan ujian itu sendiri biasanya dilakukan pada masing-masing kota yang telah ditunjuk. Ujian dimulai dari dari tes psikotes, sampai-sampai menyangkut pengetahuan umum terkait negara, terutama perkembangan berita utama.

5. Wawancara

  • Ketika anda lulus dari seleksi tes ujian kompetensi, maka anda akan diminta oleh pihak panitia untuk melangsungkan dengan wawancara. Wawancara tersebut terkait dengan beberapa pertanyaan yang diajukan tim penguji mengenai diri anda serta pendapat anda sendiri menyangkut berita yang tengah berkembang saat itu.

6. Tes Kesehatan

  • Dalam segi ters kesehatan biasanya akan digelar pada rumah sakit pemerintah. Tes ini akan dimulai dari pengukuran tinggi badan, berat badan ,warna, pendengaran serta masih banyak lagi. Khusus CPNS Kemenkumham AKIP ada Tes Kesamaptaan.

7. Diklat Pra Jabatan

  • Proses tahapan terakhir yang harus anda lalui yaitu diklat pra jabatan, tes ini akan dilakukan ketika anda benar-benar telah dinyatakan lolos dari sejumlah rangkaian tes ujian CPNS, diklat pra jabatan ini lamanya sampai satu bulan.

Setelah  diklat pra jabatan selesai, Anda akan kembali menjalankan kembali ujian kompetensi. Jika anda bisa lulus dari ujian kompetentsi tersebut, maka anda bisa dinyatakan lolos menjadi CPNS penuh dan siap mengabdi kepada masyarakat kan pelayan publik.

Itulah Tahapan dalam mendaftar CPNS secara umum. Untuk pendaftaran CPNS secara detail, tentunya bisa Anda simak di situs pendaftaran resminya.

Semoga berhasil menjadi CPNS dan Awas… Jangan Korupsi loooh. Kalau belum berhasil TETAP CEMUNGUD…!

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
Tata Cara Melamar CPNS Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5
Share