Home » News » Harga BBM Naik UMK Juga Naik

Share
Sponsored Links

HOT NEWS !
Tes CPNS dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Siapkah Anda dengan Kisi Kisi Ujian CAT CPNS..?
Info lengkapnya :
Klik Disini >>

Harga BBM yang menurut rencana akan dinaikkan per 1 April mendatang ternyata juga berdampak terhadap UMK di Indonesia. Buruh menuntut Gubernur Jatim agar merubah dan meninjau kembali keputusan Gubernur tentang UMK jika rencana kenaikan BBM jadi diumumkan pada 1 April nanti.

“Tuntutan itu tuntutan rasional bila BBM naik. Kalau BBM naik, otomatis harga-harga akan ikut naik. Itu yang menjadi kekhawatiran buruh,” kata Soekarwo di depan ribuan pengunjuk rasa dari serikat buruh di depan Kantor Gubernur Jatim, Kamis (29/03).

Untuk merealisasikan keputusan itu, gubernur yang diasa dipanggil Pakde Karwo ini akan melakukan koordinasi bersama tim perumus UMK, APINDO dan pemerintah. “Kami akan segera membentuk tim perumus untuk membahas penyesuaian UMK,” tambahnya.

Pakde juga menyambut antusias tuntutan buruh yang meminta perusahaan outsourcing yang melanggar aturan. “Saya setuju dengan tuntutan buruh yang meminta untuk menindak perusahaan outsorcing yang melanggar aturan. Pemprov Jatim akan mendirikan Posko Outsourcing untuk menampung dan mendata aspirasi para buruh,” tuturnya.

Mengenai permintaan perwakilan buruh, Pakde menolak diminta menandatangani pernyataan sikap menyetujui penolakan rencana kenaikan BBM. Pakde beralasan masalah kenaikan BBM bukan wewenang Pemerintah daerah tetapi Pemerintah Pusat.

“Yang mempunyai wewenang mengatur naik atau tidakknya BBM yakni pemerintah pusat bukan pemerintah daerah. Saya akan memfasilitasi buruh untuk menyampaikan tuntutannya ke Pemerintah Pusat,” katanya.

Harusnya memang begitu, karena dasar penentuan UMK pastinya masih mengacu kepada harga-harga bahan yang masih berdasarkan BBM Rp. 4.500,-.

Share
Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !

Archives