Info Lowongan Kerja Terbaru 2014 – 2015 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » News » Info Libur Lebaran Bank di Indonesia Tahun 2011

Info Libur Lebaran Bank di Indonesia Tahun 2011

08.25.2011 · Posted in News
Share

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


Selama cuti bersama Lebaran, sebagian besar perbankan menutup kegiatan operasional. Bank terakhir beroperasi Jumat (26/8) dan akan buka kembali Senin 5 September 2011.

Sedangkan sebagian bank lainnya selama libur Lebaran masih beroperasi untuk kegiatan tertentu. Bank Mandiri, misalnya, tetap membuka layanan operasional selama libur seminggu Lebaran, namun pada 29 dan 31 Agustus serta 2 September dibuka khusus untuk melayani penebusan delivery order (DO) Pertamina. Sama halnya dengan BRI yang tetap membuka layanan untuk DO Pertamina selama seminggu libur Lebaran, namun hanya tutup sehari tepat di hari Idul Fitri, Selasa (30/8).

Weekend banking Bank Mandiri di mal-mal juga tetap beroperasi pada Sabtu dan Minggu. Demikian pula BCA dan BNI.

Kepala Kanwil VIII Bank Mandiri Budi Julianto Siahaan mengatakan, weekend banking di dekat Pasar Gentengkali dan Pasar Atom mal tetap beroperasi pada Sabtu (27/8) maupun Sabtu (4/9) dan libur biasa ketika Minggu. Selain itu, ada pembatasan transaksi penarikan maksimal Rp 25 juta.

“Tahun lalu juga demikian, khusus DO Pertamina akan tetap dilayani saat Lebaran mulai Senin (29/8), Rabu (31/8), dan Jumat (2/9) pukul 08.00 WIB–15.00 WIB. Namun, hanya bisa dilayani di 23 kantor cabang Bank Mandiri. Saat ini, jumlah jaringan kami 129, belum termasuk cabang mikro,” katanya, Selasa (23/8).

Pimpinan Bank Indonesia (BI) Surabaya Mohamad Ishak mengatakan, kegiatan operasional bank pada Lebaran ini mengacu pada Keputusan Dewan Gubernur BI tentang hari libur dan cuti bersama 2011. “Untuk layanan kas di bank berakhir Jumat (26/8), selanjutnya Senin (29/8) sampai Jumat (2/9) ditiadakan dan baru Senin (5/9) beroperasi normal kembali,” katanya.

Layanan RTGS (Real Time Gross Settlement) antarbank juga beroperasi mulai Senin (5/9) dan pelayanan diperpanjang satu jam (07.30 WIB–18.00 WIB), biasanya hanya sampai pukul 17.00 WIB, untuk Selasa (6/9) juga demikian, sedangkan Rabu (7/9) beroperasi normal tidak ada perpanjangan jam operasional lagi.

“Kalau RTGS yang dilayani BI hanya untuk bank-bank dan sistemnya dibuka dari pukul 07.30 WIB–18.00 WIB. Tapi, kalau RTGS yang di bank-bank kan untuk nasabah langsung, jadi beroperasinya normal dari pukul 07.30 WIB–14.00 WIB,” katanya. Sementara layanan sistem kliring nasional (SKNBI) baru bisa beroperasi normal pada Selasa (6/9).

CEO BNI Surabaya Sukarno mengatakan, operasional layanan bank tutup dari Senin (29/8) sampai Jumat (2/9). “Kalau weekend banking yang ada di Plaza Marina dan Pasar Atom tetap beroperasi pada Sabtu dan Minggu (27–28 Agustus dan 3–4 September),” sambungnya.

Kepala Kanwil III Surabaya BCA Jimmy Andries menambahkan, ketiga outlet weekend banking di Supermal Pakuwon Indah (SPI), Tunjungan Plaza, dan Pasar Atom Mal, tetap beroperasi Sabtu dan Minggu. “Tahun lalu ketiganya libur. Namun, tahun ini kembali beroperasi mulai 10.00 WIB hingga 15.00 WIB,” katanya.

Sementara itu, 100 Kantor Cabang BCA di wilayah Kanwil III (Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Jombang, Madiun, Madura) tidak beroperasi mulai Senin (29/8) sampai Jumat (2/9) dan beroperasi kembali Senin (5/9). “Kalau nasabah mau setor uang bisa lewat cash deposit machine (CDM). Tapi, kalau mau tarik tunai atau transfer cukup lewat ATM. BCA punya 100 unit CDM dan 700 unit mesin ATM. Untuk stok uang ATM kami sediakan di kisaran Rp 1 triliun selama libur seminggu Lebaran,” jelasnya.

Regional Manager Bank Mega Koesprijono menambahkan, mengantisipasi libur panjang Lebaran, pihaknya memaksimalkan pengisian ATM. “Pada H-3 atau H-2 Lebaran pengisian ATM bisa sampai 2–3 kali sehari untuk titik-titik tertentu. Ini dua kali lipat dari biasanya,” katanya.

Kepala Kanwil VIII Bank Mandiri Budi Julianto menambahkan, untuk layanan setor uang bisa dilakukan di delapan titik CDM yakni empat ada di Surabaya, dua di Malang dan dua di Jember.

Wakil Pemimpin Wilayah BRI Surabaya Priyastomo menambahkan, selama libur panjang Lebaran ada 15 kantor cabang yang beroperasi. Ref : www.surya.co.id

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
Info Libur Lebaran Bank di Indonesia Tahun 2011 Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5
Share