Info Lowongan Kerja Terbaru 2015 – 2016 Job Vacancy | Career | Informasi Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Bank, dan Perusahaan Favorit | Scholarship and More

Home » Scholarship » Program Beasiswa Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (SPIRIT)

Program Beasiswa Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (SPIRIT)

08.30.2012 · Posted in Scholarship
Share

HOT NEWS !

Tes CPNS akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).
Sudah siapkah Anda dengan ujian sistem CAT CPNS..?
Anda bisa berlatih Soal CPNS sistem CAT dengan software berikut ini. Info lengkapnya :
Klik Disini >>


Program Beasiswa Khusus PNS : Beasiswa SPIRIT Periode 2013 untuk Kementerian/ Lembaga Negara

Program Beasiswa SPIRIT Khusus PNS – Tersedianya program beasiswa yang dikhususkan untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bernama Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (SPIRIT) untuk Tahun Anggaran 2013. Program beasiswa khusus PNS ternyata mendapat respon yang tinggi yang terlihat dari keterlibatan mereka atas proses pendaftaran sebanyak 1.100 peserta pada 10 Kementerian/ Lembaga Negara Republik Indonesia.

“Itu baru peserta di luar Kementerian Keuangan,” urai Yahya Rachmana Hidayat, selaku Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan & Pelatihan Perencana Bappenas.

Dilaporkan bahwa sebanyak 325 peserta berhasil melewati proses seleksi TOEFL dari sejumlah 1.100 peserta yang mengikuti proses seleksi program beasiswa SPIRIT khusus PNS untuk periode 2013 tersebut. Rencananya, dari 325 orang tersebut akan menjalani seleksi lanjutan yaitu melalui Tes Potensi Akademik (TPA) serta tes wawancara tatap muka, hingga akhirnya terkumpul menjadi 200 kandidat saja.

“Kuota itu sebenarnya 170 orang, jadi memang untuk peminat SPIRIT 2013 meningkat. Kita berencana sisanya yang dari sudah lolos TOEFL sebanyak 125 orang itu diusahakan untuk dicarikan sumber-sumber beasiswa lain,” tambah Beliau.

Meningkatnya jumlah peminat dalam program beasiswa SPIRIT ini, memang tak berbarengan dengan adanya peningkatan alokasi anggaran untuk kepentingan program beasiswa SPIRIT 2013, maka dari itu, hal yang tidak diharapkan muncul yaitu adanya pembatasan jatah peserta program beasiswa SPIRIT.

Untuk mendapatkan persetujuan kenaikan anggaran mengenai program beasiswa SPIRIT ini dari pemerintah, maka harus ditekankan pada baik buruknya penampilan pelaksanaan program beasiswa itu sendiri. Nantinya, setiap kandidat yang terpilih akan bisa segera memulai proses belajar pada Universitas yang sudah mereka pilih.

Peserta yang telah mengakomodir kualifikasi program beasiswa SPIRIT 2012, yaitu dari sejumlah 137 kandidat yang telah melewati proses seleksi tersendiri dari 11 Kementerian/ Lembaga, ternyata belum semuanya menerima Letter of Acceptance dari Universitas di luar negeri yang telah mereka bidik.

Tersisa 32 peserta yang sampai kini belum memperoleh kepastian guna meneruskan proses studinya melalui beasiswa SPIRIT 2012. Nyatanya, alokasi anggaran telah matang dipersiapkan bagi 137 kandidat penerima beasiswa.

Yahya beropini bahwa : “Hal ini kemungkinan disebabkan karena kebingungan kandidat dalam memilih universitas di luar negeri atau bisa juga karena kendala kemampuan bahasa Inggris dari peserta. Untuk itu, Bappenas selaku PIU dari Implementing Unit program beasiswa SPIRIT 2012 akan berusaha keras agar sisa 32 kandidat ini segera diberangkatkan dalam tahun juga ini atau paling lambat awal tahun 2013,”.

Kedepannya, diharapkan agar ke-32 peserta beasiswa SPIRIT tahun anggaran 2012 yang masih “menggantung” statusnya ini, keberangkatannya tak bentrok dengan peserta beasiswa SPIRIT TA tahun anggaran 2013 yang sudah berjumlah 200 peserta.

Silakan Bergabung dengan Komunitas Info Lowongan Terbaru, Klik Like/Suka !
Program Beasiswa Scholarship Program for Strengthening the Reforming Institution (SPIRIT) Info Lowongan Terbarulocated at Jalan Info Lowongan Kerja Abad 21, Jakarta, Indonesia Reviewed by 280585 Pelamar Kerjarated: 4.5/ 5
Share